Diagnosis Penyakit Prostat

Diagnosis Penyakit ProstatProstat yang merupakan kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih yang berfungsi untuk memproduksi carian yang melindungi dan menyalurkan sperma. Penyakit prostat yang umumnya dialami oleh pria yang berusia lanjut sekitar di atas usia 40 tahun atau sekitar 50-60 tahun. Sebagian besar mereka yang mengalami prostat berusia 50 tahun akibat pembesaran dan pembengkakan prostat akibat menurunnya fungsi hormon.

Diagnosis Penyakit Prostat

Diagnosis Penyakit Prostat

PENYAKIT PROSTAT

Pria yang mengalami penyakit prostat yang ditandai oleh ras nyeri yang mencengkram di sekitar anus, rasa ingin berkemih yang terlalu sering terjadi dan berulang-ulang dan keluarnya air kemih yang sedikit.

Untuk memastikan tingkat keparahan penyakit prostat yang dialami pria perlu dilakukan suatu Diagnosis Penyakit Prostat dengan melakukan beberapa pemeriksaan seperti :

1. Perabaan melalui anus (digital rectal examination)

Dengan menggunakan lapisan sarung tangan, dokter akan memasukkan jarinya ke lubang anus untuk meraba bagian belakang tempat kelenjar prostat berada. Apabila dirasakan ada suatu pembesaran atau pengerasan akan dilakukan tes lebih lanjut untuk memastikan kelenjar prostat yang mengeras atau membengkak apakan salah satu penyakit pembengkakan prostat atau kanker prostat.

2. Melakukan tes darah

Setelah melakukan perabaan melalui anus, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sample darah atau tes darah yang diperlukan untuk mengukur antigen khusus prostat (PSA). Diagnosis Penyakit Prostat PSA merupakan protein yang diproduksi oleh sel prostat normal maupun sel kanker. PSA akan semakin banyak diproduksi ketika usia seorang pria semakin tua. Meskipun PSA tidak secara spesifik, namun kandungan PSA tinggi dapat diperkirakan seorang terkena kanker prostat. Dengan tes darah ini dan diketahuinya kadar PSA akan membantu efektifitas terapi yang dijalankan oleh seorang penderita.

3. Tes PCA3

Adanya kadar PCA 3 juga perlu dilakukan mendapatkan hasil dan kesimpulan yang lebih akurat dari pemeriksaan awal penyakit prostat. Kadar PCA3 yang lebih tinggi di urine dapat dijadikan sebagai ajuan adanya kemungkinan penyakit kanker prostat. Tes ini dirasa lebih akurat bila dibandingkan dengan tes darah PSA. Namun sayangnya tidak semua rumah sakit memiliki ketersediaan alat untuk memeriksa penyakit prostat.

4. Biopsi

Biopsi dilakukan sebagai Diagnosis Penyakit Prostat dengan mengambil sampel pada salah satu jaringan tubuh di sekitar tempat terjadinya penyakit prostat. Kemudian jaringan tubuh dekat prostat akan diteliti dengan menggunakan mikroskop. Biopsi ini dilakukan untuk menguatkan diagnosis ada tidaknya penyakit komplikasi yang terjadi dari pembengkakan prostat seperti kanker prostat dengan menggunakan jarum yang dimasukkan ke lubang anus. Beberapa sampel biasanya diambil pada bagian-bagian yang berbeda dari prostat.

PENGOBATAN PROSTAT

Pengobatan prostat yang dilakukan hingga saat ini masih diperdebatkan. Pemilihan dari pengobatan prostat yang bervariasi, semua dari tergantung stadium penyakit.

  1. Untuk pengobatan prostat stadium awal biasanya bisa dilakukan dengan cara mengangkat prostat dan juga melakukan terapi penyinaran
  2. Jika penyakit kanker sudah menyebar, maka bisa dilakukan dengan cara manipulasi hormonal untuk membantu mengurangi kadar testosteron lewat obat-obatan maupun pengangkatan dari testis atau juga penyakit kemoterapi.

Pengobatan prostat yang dilakukan adalah :

  1. Pembedahan
    Pembedahan ini dilakukan dengan mengangkat kelenjar prostat yang biasanya sering digunakan untuk penyakit kanker stadium 1 dan 2. Pembedahan juga bisa dilakukan dibawah pembiusan total atau juga lewat spinal. Penderita biasanya bisa dirawat dirumah sakit selama kurang lebih 5-7 hari. Komplikasi yang terjadi dari penyakit kanker prostat adalah impotensi dan juga kekurangan jumlah urin.
  2. Terapi penyinaran
    Terapi penyinaran ini dilakukan paling utama untuk membantu mengobati penyakit kanker stadium 1, 2 dan 3. Dan biasanya juga resiko dari pembedahan akan semakin tinggi. Terapi penyinaran yang dilakukan pada penyakit kanker prostat dilakukan dengan melakukan beberapa tes seperti dibawah ini :
    – terapi penyinaran eksterna yang dilakukan beberapa kali selama 6-8 minggu. Dan efek samping yang bisa terjadi misalnya adalah seperti nafsu makan yang menurun, kelelahan, dan juga reaksi pada kulit misalnya adalah kemerahan dan mengalami iritasi, mengalami cedera atau mengalami luka bakar disekitar rektum, penyakit diare, infeksi saluran kemih dan keluarnya darah di air kemih.
    – pencangkokan butiran dari yodium dan juga iridium radioaktif yang langsung dilakukan pada jaringan prostat. Keuntungan dari bentuk terapi penyinaran inia dalah radiasi yang langsung yang diarahkan dengan prostat sesuai dengan kerusakan jaringan yang disekitarnya yang menjadi lebih sedikit.
  3. Kemoterapi
    Kemoterapi biasanya sering digunakan untuk membantu mengatasi masalah gejala penyakit kanker prostat yang resisten pada pengobatan prostat hormonal. Biasanya diberikan juga obat tunggal atau juga obat kombinasi dari beberapa jenis misalnya adalah obat seperti Mitoxantrone, Paclitaxel, Dosetaxel, Estramustin, atau juga Adriamycin. Dan efek samping yang dihasilkan dari penggunaan obat-obatan ini adalah semua tergantung dari obat yang diberikan.

Cara mencegah penyakit kanker prostat adalah dengan :

  1. Membantu memperbaiki keadaan kesehatan Anda secara umum dan juga tetap mengontrol beray badan agar tetap dalam keadaan stabil
  2. Mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya
  3. Mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi
  4. Mengurangi minuman mengandung alkohol
  5. Melakukan olahraga secara teratur
  6. Mengurangi stres dan juga mengelola depresi.

Diagnosis Penyakit Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Pengobatan Prostat, Penyakit Prostat and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *